Hidroponik Dasar

Sistem Hidroponik Wick System

Sistem hidroponik wick system atau sistem hidroponik dengan menggunakan sumbu mungkin bisa dibilang sebagai teknik hidroponik yang paling mudah untuk dicoba. Bagi pemula, wick system dapat menjadi cara untuk mempelajari dasar-dasar dan konsep berkebun hidroponik sebelum beralih ke sistem yang lain seperti sistem hidroponik NFT atau DFT.

Secara teori, pengertian wick system dapat langsung diartikan dari kata “wick” yaitu sumbu. Sistem ini menggunakan media sumbu untuk menghubungkan akar tanaman / media tanaman dengan larutan air nutrisi yang statis atau tidak bergerak. Dengan memanfaatkan daya kapilaritas air terhadap sumbu, maka akar akan mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan.

sistem hidroponik sumbu terbaik untuk pemula

Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Hidroponik Wick System
Untuk membuat sistem hidroponik sumbu maka peralatan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak atau rumit. Diantaranya adalah :

Selain peralatan di atas, tentu anda membutuhkan pula benih / bibit tanaman dan juga larutan pekatan nutrisi.

Kelebihan Sistem Hidroponik Sumbu / Wick System

  • Tanaman mendapatkan larutan nutrisi secara konsisten terus menerus
  • Biaya pembuatan yang relatif murah
  • Bahan mudah didapatkan. Sebagian pelaku hidroponik dapat memanfaatkan box styrofoam dan botol minuman kemasan bekas
  • Tidak membutuhkan arus listrik, kecuali sistem yang lebih advance. Misal : menggunakan aerator.

Kekurangan Dari Hidroponik Wick System

  • Harus mengecek air nutrisi secara berkala di setiap bak satu persatu
  • Saat menambah atau meningkatkan kandungan ppm, harus dilakukan satu-persatu tiap botol / box

Membuat hidroponik wick system mudah murah

Tips Merawat Sistem Hidroponik Wick System

Sistem Hidroponik dengan menggunakan teknik sumbu / wick system bisa dibilang merupakan ‘basic‘ dari hidroponik baik secara desain sistem ataupun fungsinya. Oleh karenanya, sangat penting untuk melakukan perawatan tanaman yang dibudidayakan dengan sistem sumbu ini secara manual dan teliti. Dari beberapa sumber dan pengalaman kami, berikut ini beberapa tips untuk mengurangi kemungkinan kerusakan tanaman pada sistem sumbu yang dapat mengakibatkan anda gagal panen :

  • Pilih kain / sumbu yang dipastikan memiliki daya resap air dengan sangat baik. Umumnya, kain flanel adalah pilihan utama para pelaku hidroponik
  • Untuk memastikan kecukupan penyerapan dan asupan nutrisi tanaman, gunakan lebih dari 1 sumbu untuk setiap tanaman. Potong sumbu agak panjang sehingga dapat dibuat menjadi dua sumbu dalam satu netpot / media tanam
  • Jaga ketinggian air nutrisi agar tidak terlalu jauh dari media tanam, sehingga sumbu tidak perlu terlalu panjang yang dapat menyebabkan air perlu ‘memanjat’ terlalu tinggi
  • Jika sudah menggunakan sistem sumbu yang cukup besar, pertimbangkan menggunakan aerator

Demikian sedikit informasi mengenai sistem hidroponik wick system yang mungkin perlu diketahui. Selanjutnya selamat bereksperimen dan belajar langsung dari praktek. Tinggalkan pertanyaan di kolom komentar untuk berdiskusi sesama pelaku hidroponik.

Related Articles

1 thought on “Sistem Hidroponik Wick System”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close